Pages

Selasa, 15 November 2011

ANFISWAN

FISIOLOGI SEL
1) Pengangkutan Melintasi Membran Sel
Aktifitas fisiologi dari suatu sel bergantun pada beberapa substansi seperti nutrien, oksigen dan airyang diangkut kedalam sel, dan pada waktu yang sama sisa hasil metabolisme juga harus dibuang keluar. Berbagai proses yang terlibat dalam pengangkutan substansi melewati membran dikelompokan sebagai berikut :
  • Transfor pasif
Transfor pasif merupakan mekanisme pengangkutan substansi dari konsentrasi yang tinggi tanpa memerlukan energi yang dikeluarkan. Mekanisme transfor pasif yang bekerja pada membran sel yaitu difusi dan osmosis.
Difusi merupakan transfor pasif molekul dari daerah yang memiliki konsentrasi tinggi ke daerah yang berkonsentrasi rendah. Proses difusi dalam melewati membran sel dibagi menjadi dua, yaitu difusi sederhana dan difusi terbantu.
Osmosis berkaitan dengan proses persebaran air atau zat pelarut melewati membran semipermeabel, yang mana membran tersebut dapat dilewati zat terlarut tetapi tidak dapat dilewati oleh zat pelarut.
  • Transfor aktif
Transfor aktif merupakan mekanisme pengangkutan substansi yang berlawanan dengan reaksi kimia dan reaksi elektris yang tingi. Transfor aktif memerlukan bantuan energi yang diperoleh melalui kegiatan dari senyawa yang berenergi tinggi seperti ATP.
  • Transfor jaringan
Mekanisme transfor jaringan mengenai pengankutan makromolekul seperti molekul protein yang tidak dapat melewati membran sel melalui proses difusi atau mekanismi transfor aktif. Mekanisme transfor jaringan mencakup endositosis, eksositosis, dan transitosis.

Flower 61

0 komentar:

Posting Komentar